Simple Home Made Strawberry Jam

3:12:00 PM


Bulan Ramadhan sudah hampir selesai. Sedih rasanya harus berpisah lagi dengan bulan yang penuh keberkahan, kedamaian dan sukacita ini. Tahun ini cukup spesial buat saya karena tahun ini saya bisa kembali berpuasa, walaupun sedang hamil ditrimester kedua ini, tapi Alhamdulillah saya masih sanggup menjalani puasa dan yang bikin tambah happy adalah insyaAllah puasanya bisa sebulan penuh hehehe.


Alhamdulillah, puasa tahun ini cukup banyak diisi dengan kegiatan yang bagi saya bermanfaat. Dari sekedar bikin ta'jil, bikin camilan, masak buat menu berbuka, sampai buka bersama teman-teman yang menjadi jalan silaturahmi.

Sebenarnya saya senang sekali mengisi waktu luang untuk memasak, tapi karena perut yang semakin besar dan Nala yang semakin aktif bikin kegiatan masak ibunya on dan off, jadilah saya cuma bisa buat cemilan-cemilan yang cepat dan mudah dibuat. Nah, beberapa waktu lalu saya iseng buka-buka kulkas liat bahan apa yang lama nganggur. Eh ndilalah, ada sekotak besar strawberry yang hampir kering difreezer. Biasanya, buah strawberry hanya dijadikan campuran jus dari beberapa buah. Nanti kapan-kapan saya share resep jus atau smoothies favorit keluarga ya.

Kali ini karena bosan dengan kreasi yang sama, saya coba berpikir untuk membuat selai saja. Iseng-iseng berbuah manis, ternyata hasil coba-coba membuat selai bisa dibilang berhasil dengan tekstur dan rasa yang mirip dengan selai botolan yang biasa dijual dipasaran, pastinya tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan kalau buat sendiri dirumah jadi aman untuk anak-anak juga. Langsung saja yuk saya share cara membuatnya.

BAHAN-BAHAN :

- 250 gr Buah Strawberry
- 100 gr gula pasir
- 1 gelas air
- 1/2 sdt Lemon zest *optional*

CARA MEMBUAT :

- Cuci bersih buah strawberry dan buang tangkainya.
- Potong-potong buah strawberry tapi jangan terlalu kecil agar tekstur buah nanti masih tetap terasa. untuk strawberry berukuran kecil saya masukkan utuh, dan yang agak besar cukup saya belah dua.
- Masukkan strawberry, gula, air dan lemon zest kedalam panci.
- Masak campuran buah dan gula hingga mendidih dengan api kecil. Biarkan hingga air mereduksi dan campuran mengental. Cicipi kadar kemanisan selai, jika dirasa kurang manis, bisa ditambahkan gula sesuai selera.
- Biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam toples bersih.
- Masukkan kedalam kulkas agar selai tahan lama.


Ternyata nggak sulit kan Mommies membuat selai sendiri dirumah? Oiya, Strawberry juga bisa diganti dengan jenis Berry lainnya yang memang terkenal sedap jika dijadikan selai. Bisa dibuat sambil ngabuburit nih Mom..



xoxo,
Tal

You Might Also Like

6 comments

  1. hihih... dulu aku pernah kerja di pabrik selai... dan rasanya sangat enak banget. :D

    ReplyDelete
  2. Selai itu paling pas di makan sama roti, hihihii... ^_^

    ReplyDelete
  3. Selai stroberi ini selalu ada di rumah, buatan mamaku. :)

    ReplyDelete
  4. Wah... jadi kangen masakan mama. :)

    ReplyDelete
  5. ini kalau nggak salah cewek gue pernah bikin nih. :D

    ReplyDelete

Really love to hear what you think! ;)