MOM N CHIC of the Month : Zhafira Loebis Founder of Babyloania

9:16:00 AM


Memiliki anak merupakan kebahagiaan yang tidak dapat diungkapkan bagi para orangtua, tak terkecuali nenek dan kakek. Biasanya, sebagai orang tua baru atau malah kakek nenek baru sangat antusias sekali membelikan perlengkapan bayi. Ibu-ibu yang seringkali kalap membelikan peralatan atau perabotan bayi yang lucu-lucu dan menggemaskan walau jangka waktu pakainya hanya sebentar karena para bayi akan terasa cepat sekali besar. Kurang lebih seperti itulah yang saya rasakan saat hamil dan memiliki anak pertama.


Selain membeli perlengkapan sendiri, ternyata Alhamdulillah hadiah dari para kerabat dan sahabat-sahabat pun banyak berdatangan sehingga barang-barang Nala menumpuk dirumah bahkan hingga hari ini lho sampai bingung mau meletakkan dimana. Nah, kalau itu cerita saya beda lagi pasti dengan cerita ibu-ibu lain. Banyak yang kaget dengan mahalnya perlengkapan bayi walau bendanya berukuran kecil, hihihi. Kepingin punya untuk anak, tapi rasanya kok sayang dan nanti kalau sudah nggak dipakai mau dikemanakan? Atau pingin tahu bagaimana performance barang yang kita incar terlebih dahulu?. Dulu bersama teman-teman juga sempat membicarakan perihal sewa perlengkapan bayi. Tapi, belum ada tempat yang mumpuni dan terpercaya untuk menyewa perlengkapan tersebut. Pilihan yang terbatas, serta kekhawatiran soal kebersihan barang yang disewa menjadi pertimbangan kita pada akhirnya.

Nah, tapi sekarang i'm so happy to know that there's a place to have it all, and it's trusty!. Mommies pernah dengar Babyloania?. Singkatnya, Babyloania adalah website rental perlengkapan bayi mulai dari Baby Gear seperti stroller, carseat, highchair dan lain-lain hingga ke perlengkapan perintilan bayi seperti playmate, toddlepack, hingga rattle yang sangat membantu para Mommies sekarang ini. Menurut saya, cerdas sekali untuk mengambil kesempatan seperti ini karena sebenarnya banyak sekali ibu-ibu yang memiliki keluhan yang sama. Mau tahu lebih dekat dengan Founder Babyloania ini? Baca interview saya dengan Smart n Chic Mom satu ini ya.


1. hai Fira, boleh sharing sedikit nggak gimana awal mulanya Babyloania bisa terbentuk?

Ide membuat Babyloania.com tercetus saat hamil Alaia dan mempersiapkan barang bayi. Saya kaget melihat banyak sekali barang yang harus dibeli dan harganya mahal, sementara pasti sebagai orangtua, kami ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Selain itu, barang bayi hanya dipakai sebentar. Saya berfikir, kalau nanti sudah selesai dipakai, semua barang itu akan menumpuk di rumah, sementara ruangannya juga terbatas. 

Saya kemudian mengeluh kepada suami, apakah tidak ada solusi yang lebih baik? Suami pun langsung mengajak untuk membuat solusi bersama, yang dapat membantu orangtua lainnya. Kemudian, lahirlah Babyloania. Setelah beberapa bulan berjalan, kami melihat tractionnya bagus. Kami lalu memutuskan untuk fokus mengembangkan Babyloania berdua.

2. Sebelum mendirikan Babyloania ini, apa profesi kamu sih? Dan apakah ada manfaatnya yang bisa diterapkan saat membangun Babyloania ini sendiri?

Profesi saya sebelumnya adalah corporate lawyer dan bekerja di salah satu law firm di Jakarta. Ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama bekerja menjadi lawyer sangat berguna dalam menjalankan Babyloania. Sebagai lawyer, kami harus berfikir kritis, memiliki analytical skill yang tinggi dan bisa mengantisipasi segala sesuatu. Hal ini yang Saya terapkan dalam menjalankan usaha.

3. Apa sih yang kamu harapkan dari berdirinya Babyloania ini sendiri?

Saya berharap Babyloania dapat terus memberikan solusi bagi para orangtua. Kami akan terus berusaha untuk memberikan inovasi dan solusi baru, sehingga seluruh orangtua dapat  dengan mudah memberikan yang terbaik bagi anaknya, dirinya dan keluarganya. 

4. Setelah kamu merasakan bekerja utk perusahaan dan mendirikan usaha sendiri, kamu lebih suka yg mana?

Saya sangat enjoy bekerja sebagai lawyer dan menangani berbagai macam transaksi bisnis klien, baik nasional maupun internasional. Namun, memiliki usaha sendiri dengan misi untuk memberikan solusi bagi para orangtua, apalagi mengerjakannya bersama suami, sangat meaningful bagi Saya. 

Mengembangkan usaha juga memiliki tantangan yang sangat besar. Selain resiko yang tinggi, saya juga harus mempelajari banyak hal dari nol dengan cepat, seperti marketing, finance, bahkan coding dan programming untuk website. Saya yang sedikit introvert, juga harus keluar dari zona nyaman saya dan banyak bertemu dengan orang baru. Saya dan suami membagi tugas dan kami sangat bersyukur bisa bekerjasama dengan baik.

5. Oiya, kamu kan ibu dari satu anak yang lagi aktif-aktifnya nih, bagaimana sih bagi waktu antara pekerjaan dan anak?

Satu hal yang sangat saya syukuri dengan memiliki usaha sendiri adalah dapat mengatur jadwal sendiri. Sesibuk apapun, Saya selalu berusaha untuk menyempatkan bermain bersama Alaia, atau bekerja dari rumah, atau membawanya meeting jika memungkinkan. Saya dan suami juga berusaha mengatur jadwal agar Alaia bisa terus bersama salah satu dari kami. 

6. Walaupun kamu bekerja, sepertinya Alaia cukup dekat dengan Bundanya nih. Ada cara khusus nggak bagi kamu dalam merawat Alaia sehingga tetap dekat dengan Bundanya?

Saya tidak memiliki cara khusus, namun saya selalu berusaha memberikan quality time sebanyak mungkin. Kami senang membaca dan menggambar bersama. Saya juga sering membuatkannya sensory play untuk melatih sensory skill-nya. Cara membuat sensory play tersebut juga kami share di instagram dan blog Babyloania.

7. selain itu, sebagai wanita kan kita pada dasarnya ingin tampil cantik dan menarik. Seberapa penting sih penampilan bagi Fira?

Menurut Saya, penampilan itu penting tapi bukan segalanya. Jika kita bisa bersyukur dan bahagia atas apa yang dimiliki dan diri sendiri, pasti akan tercermin juga di wajah dan perilaku.

8. Untuk penampilan sendiri, apa kamu punya jadwal khusus utk melakukan treatment khusus kah?

Saya tidak mempunyai jadwal khusus untuk treatment, namun sebisa mungkin saya sempatkan berolahraga dan perawatan di rumah. 

9. Kamu punya brand favorit ngga untuk menunjang penampilan kamu dalam hal make up?

Tidak ada brand make-up khusus yang menjadi favorit Saya. Namun, karena kulit Saya sensitif, saya berusaha untuk memakai produk dengan bahan organik.  

10. Pertanyaan terakhir nih Bunda Fira, sebagai Smart and chic Mom, pendidikan dan wawasan merupakan salah satu hal utama dalam lingkungan. Bagaimana Fira dan suami memutuskan pendidikan yang terbaik bagi buah hati kalian?

Bagi kami, yang paling penting adalah anak kami senang belajar dan memiliki curiosity yang tinggi. Sehingga, dalam memilih sekolah kami tidak hanya fokus pada akademik saja, namun juga pengembangan pribadi dan social skills-nya. 

Terima kasih Fira sudah mau berbagi mengenai pengalamannya sebagai Ibu dari satu anak yang super produktif dan tetap chic. Semoga Babyloania semakin berkembang dan sukses kedepannya.


Demikian obrolan singkat saya dengan Fira yang sangat bersahabat dan seru personalitynya. Semoga bermanfaat dan membantu para Mommies menentukan pilihan dalam memberikan yang terbaik bagi si buah hati. :)

You Might Also Like

1 comments

  1. Bagus banget interviewnya, Talitha! Kebetulan udah banyak barang yang diincer di Babyloania hehehe...

    ReplyDelete

Really love to hear what you think! ;)